Minggu, 21 Oktober 2012

Percaya Diri Awal Kesuksesan


Masalah krisis kepercayaan diri (krisis Pede) seringkali menjadi salah satu masalah yang sering dialami oleh sebagian orang. Kebanyakan orang menganggap bahwa kriteria orang yang percaya diri adalah sesosok figure yang sempurna dan mampu melakukan apa saja, atau memiliki penampilan fisik tanpa cacat sedikitpun. Padahal percaya diri itudatang dari diri kita sendiri bukan dari fisik yang sempurna atau tidak.

Percaya diri dapat diartikan bahwa suatu kepercayaan akan kemampuan sendiri yang memadai dan menyadari kemampuan yang dimiliki dapat di manfaatkan secara tepat. Menurut seorang psikolog bernama W.H.Miskell , beliau mendefinisikan bahwa percaya diri adalah kepercayaan akan kemampuan sendiri yang memadai dan menyadari kemampuan yang dimiliki, serta dapat memanfaatkannya secara tepat.

Sering saya mendengar kalimat “Kalau mereka bisa? Anda pasti bisa!” dari seorang guru bimbingan konseling saya.  Kalimat tersebut terdapat disebuah video yang menayangkan tentang suksesnya orang-orang cacat. Saat melihatnya saya langsung tertegun. Saya ingin sekali seperti mereka. Walaupun dalam keadaan yang tidak memungkinkan mereka bisa menghasilkan penghargaan yang mengharumkan nama semua orang. Apakah kamu juga ingin seperti mereka?

Saat kamu melihat dirimu merasa tidak sempurna. Sesungguhnya saat itu kamu menjadi orang orang yang merugi. Allah sudah memberikan kekurangan dan kelebihan pada setiap hambanya. Tak sepatutnya kamu merasa seperti itu karena didalam 1000 kekurangan yang kamu miliki terdapat beribu-ribu kelebihan yang ada didirimu. Tapi, kamu belum menemukannya karena kamu selalu merasa bahwa kamu itu NOT PERFECT
Setiap orang memiliki sebuah sistem kepercayaan di dalam pikiran bawah sadarnya. Seperti apa sistem kepercayaanmu ? Mudah saja kamu bisa mengukurnya. Kamu bisa melihat seperti apa dirimu sekarang, maka itulah kepercayaanmu selama ini. Pencapaianmu , prestasimu , apa yang kamu lakukan, dan berbagai aspek kehidupanmu adalah gambaran dari sistem kepercayaan itu. Kalau kamu kurang puas dengan apa yang kamu miliki saat ini. Banyak-banyak bersyukur dan tetap percaya diri dalam keadaan apapun.

Untuk membiasakan percaya diri mulailah dari hal yang paling kecil terlebih dahulu. Berani bercara saat presentasi didepan kelas , memanggil guru , mengajukan pendapat saat kerja kelompok dan lain sebagainya. Jika kamu sudah terlatih dalam berbicara didepan umum maka secara tidak sengaja anda dapat menjadi seorang Pemimpin. Mengapa tidak? Karena sejak dini anda sudah diajarkan bagaimana caranya berbicara didepan umum Anda akan berani berbicara didepan publik. Dan itu memang berpengaruh terhada pembentukan kepribadian dirimu.

Siapa yang mengira bahwa kamu seorang yang dipandang buruk oleh orang-orang ternyata memiliki kepribadian dan keahlihan yang super hebat? Semua yang ada didirimu kamulah yang membuatnya , mengarangnya , merubahnya , memperbaikinya dan yang menghendakinya adalah Allah swt.

Apakah anda masih ingin termenung dalam kesedihan memikirkan kekuranganmu? Ayo bangki! Tunjukan pada dunia bahwa kamu bisa! Harumkanlah nama Bangsa dan Negara!  Tetap percaya diri dengan dirimu! Karena nasib bangsa berada ditanganmu para penerusn bangsa.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentarnya jangan lupa ^_^
komentarnya yang baik-baik aja yaa....
apabila saya suka copas . maaf ya ... saya masih pemula :)